Jumat, 05 April 2013

BAB 2 - Persiapan Pribadi Pengusaha Muda

Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Pengusaha Muda

    Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda, yaitu : Kepribadian, keterampilan, kekuatan, dan kemauan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.

1. Membangun Kepribadian Pengusaha Muda

     Keberhasilan sebuah usaha sangat ditentukan oleh sosok pribadi sang pengusaha. Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Kepribadian yang matang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental, dan menyesuaikan diri dengan orang lain.
     Ada beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian, yaitu :
A. Mengenal Diri Sendiri
  • Seorang calon pengusaha yang baik harus bisa mengenali dirinya sendiri. Dengan semakin mengenal diri sendiri, maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil. Ada beberapa hal yang harus dibangun terkait dengan mengenal diri sendiri, yaitu :
    > Mengenal Karakter Pribadi
    Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa, dan suka bergaul dengan orang lain.
    > Mengenal Bakat dan Kemampuan.
    Dengan mengenal lebih tepat bakat dan minatnya, seseorang dapat membawa dirinya ke usaha yang sesuai dengannya, sehingga dapat menjalankan bidang usahanya sambil menikmati hobinya.
B. Mempersiapkan Perubahan Mental
  • Ada beberapa kondisi yang membedakan antara seorang pengusaha dan pegawai. Salah satu yang dihadapi pengusaha adalah adanya ketidakpastian, sedangkan seorang pegawai sudah bekerja sesuai dengan ketentuan. Oleh sebab itu, bagi pengusaha muda harus mempersiapkan perubahan sikap yang terdiri atas :
    > Siap menghadapi ketidakpastian
    > Siap mengatakan "BISA"
    > Siap bekerja keras, tekun dan sabar
    > Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi.
Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

0 komentar:

Posting Komentar