Jumat, 05 April 2013

BAB 1 - Keuntungan Menjadi Wirausahawan

Banyak orang yang terdorong menjadi wirausahawan karena memiliki banyak peluang mencapai tujuan yang dikehendakinya sendiri, memperoleh laba yang maksimal, dan banyak lagi. Keuntungan lainnya dari wirausahawan adalah mempunyai kemampuan dalam mengatur waktu sehingga tidak bergantung pada ketentuan jam kerja kantor, dapat mengatur usaha sendiri dan masih banyak lagi. Sebagai keuntungan yang memberikan dorongan kuat seseorang untuk berwirausaha adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki.
    Kebebasan merupakan hal yang sangat bernilai bagi seseorang.
  2. Mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri secara penuh.
    Dengan memiliki sebuah usaha, mereka dapat mendemonstrasikan pikiran dan perilaku mereka sendiri yang berarti memberikan kekuasaan pada dirinya secara penuh.
  3. Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
    Menjadi wirausahawan akan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasinya.
  4. Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
    Apabila kita menjadi pengusaha, maka kita mempunyai kebebasan untuk mengubah kondisi perusahaan sesuai dengan keinginan kita.
  5. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan pekerja
    Dengan mendirikan sebuah usaha berarti wirausahawan memberikan manfaat kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja.
  6. Terbuka peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka
    Biasanya para pengusaha, dari yang masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran strategis dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di lingkungannya.
Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

0 komentar:

Posting Komentar